Panduan Setting Outlook untuk Pekerjaan Kantor Anda

Apakah Anda termasuk pemakai e-mail aktif, yang setiap hari tak dapat terlepas dari komunikasi via e-mail? Nah, kali ini saya akan coba sharing pengalaman cara setting e-mail memakai aplikasi Microsoft Outlook.

Microsoft Outlook, adalah salah satu service pengelola e-mail yang memungkinkan Anda untuk masuk ke server e-mail, langsung dari aplikasi ini. Hingga Anda tak harus berkunjung ke halaman pengelola e-mail terlebih dulu, seperti Yahoo, Gmail, maupun penyedia e-mail lain.

Asiknya lagi, kita bisa juga mengelola lebih dari satu account e-mail. Jadi cuma dengan satu aplikasi, kita dapat buka banyak e-mail secara lebih cepat dan gampang.

Tetapi untuk lakukan hal itu, Anda harus mengkonfigurasi service pengelola e-mail ini dengan benar, hingga kita bisa kirim dan terima pesan di Outlook. Untuk itu, Anda harus juga memiliki info khusus tersebut mengenai account e-mail agar bisa mengkonfigurasi Outlook secara manual.

1. Alamat e-mail komplit.
2. Type account e-mail : POP3, IMAP atau HTTP.
3. Nama pemakai Anda/username.
4. Kata sandi/password e-mail.
5. Nama atau alamat server SMTP.
6. Nama atau alamat server POP3.
7. Apakah Secure Password Authentication (SPA) diperlukan?
8. Nomer port yang dipakai untuk SMTP. (Beberapa besar hosting/ISP memakai port 25.)
9. Nomer port yang dipakai untuk POP3. (Beberapa besar hosting/ISP memakai port 110.)
10. Apakah server untuk e-mail ke luar (SMTP) memerlukan otentikasi?


Cara Setting E-mail Melalui Outlook 
Berikut ini yaitu langkah setting e-mail di Outlook yang telah saya cocokkan untuk kepentingan setting e-mail yang memakai domain sendiri (e-mail custom domain) dan panel hosting cPanel. Namun saya rasa langkah tersebut dapat juga dipakai untuk e-mail lain seperti Gmail dan Hotmail. Bila Yahoo saya belum pernah cobalah.

Dalam tutorial ini, saya memakai aplikasi Microsoft Outlook 2010, untuk versus yang lain saya rasa langkah-langkahnya pada prinsipnya hampir sama. Baiklah, mari kita lanjutkan…

1. Jalankan Outlook.
2. Pada menu File, click Informasi, dan lalu click Akun Settings.
3. Pilih Akun Settings dari daftar jatuh-ke-bawah.
4. Pada tab E-mail, click New, pilih E-mail Akun, dan lalu click Next.
5. Click untuk pilih kotak centang Manually configure server settings or additional server types, dan lalu click Next.
6. Click Internet E-Mail, dan lantas click Next.
7. Setelah itu akan nampak kotak dialog Add New E-mail Akun.
8. Konfigurasi account e-mail baru. Untuk lebih amannya, saya memakai konfigurasi secara manual.


Penjelasan Langkah Konfigurasi E-mail Outlook Manual 
1. Dalam kotak User Information, ketika nama dan e-mail Anda.
2. Dalam kotak Akun Tipe dibawah Server Information, click untuk pilih type account e-mail yang Anda miliki. Saya pilih POP3, agar e-mail yang masuk nanti juga bisa tersimpan di computer, hingga waktu nanti space hosting penuh, dapat langsung dihapus, dan kita tetap memiliki backup nya.
3. Dalam kotak Incoming mail server, tulis nama server. Ini yaitu server yang menaruh pesan e-mail Anda sebelum Anda mengunduhnya ke komputer. Tulis nama server dalam huruf kecil. Nama ini umumnya berbentuk seperti “mail. domainanda. com. ” Atau, dapat berbentuk satu alamat IP seperti 167. 205. 22. 123. Untuk bagian ini, cocokkan dengan domain dan IP hosting Anda. Berhubung saya memakai domain webhostmu. com, maka saya catat berbentuk “mail. webhostmu. com“.
4. Dalam kotak Outgoing mail server (SMTP), tulis nama server untuk e-mail ke luar. Tulis nama server dalam huruf kecil. Nama ini mungkin berbentuk seperti “mail. domainanda. com. ” Atau, nama ini mungkin berbentuk satu alamat IP 167. 205. 22. 123. Sama dengan kolom diatas, berhubung saya memakai domain webhostmu. com, maka saya catat juga berbentuk “mail. webhostmu. com“.
5. Dibawah Logon Information, ikuti langkah tersebut :
- Pada kotak User Name, tulis nama pengguna Anda. Nama pengguna biasanya adalah bagian dari alamat e-mail yang di samping kiri dari sinyal (@). Dalam soal ini saya mengisinya komplit dengan nama e-mail saya, agar mempermudah saya saat akan mengetahui folder penyimpanan account e-mail ini. Maklum, saya miliki domain banyak. Jadi bila Anda ingin lebih singkat, dapat di isi langsung tanpa memasukkan alamat domain/e-mail.
- Pada kotak Password, tulis kata sandi yang sudah Anda buat.
- Bila Anda ingin Outlook mengingat kata sandi account e-mail, click untuk pilih kotak centang Remember password.
6. Bila hosting/ISP Anda memerlukannya, click untuk pilih kotak centang Require logon using Secure Password Authentication (SPA) untuk masuk/login memakai otentikasi sandi aman.
7. Click Test Akun Settings. Feature ini akan memanggil kotak dialog yang menghadirkan setiap step dari konfigurasi yang sudah Anda masukan langkah untuk langkah. Saat Anda mengklik Test Akun Settings, sistem di bawah ini akan berlangsung :
- Sambungan system ke Internet di konfirmasi.
- Anda login ke server SMTP.
- Anda login ke server POP3.
- Ditentukan apakah harus login terlebih dulu ke server POP3. Bila dibutuhkan, Outlook automatis mengatur pilihan Log on to incoming mail server before sending mail.
- Satu pesan pengujian akan di kirim. Pesan ini menjelaskan setiap pergantian yang di buat oleh Outlook sejak penyusunan awal.
8. Untuk mengubah penambahan account e-mail Anda, click More Settings untuk buka kotak dialog Internet E-mail Settings.
9. Click Next, dan lalu click Finish.

Ya, selesai sudah. Itulah tahapan saat saya mencoba akan mengkonfigurasi e-mail custom domain saya memakai Outlook. Semoga berguna. sewa kantor murah jakarta selatan

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar