7 Strategi Sukses Mengawali Usaha Kuliner


Usaha kuliner ialah type usaha yang belum pernah ada matinya. Sepanjang masih ada manusia yang perlu makan, karena itu sektor bisnis ini akan tetap disukai. Itu penyebabnya dari tahun ke tahun semakin beberapa orang yang terjun ke posisi usaha ini. andy soewatdy bisa menjadi solusi untuk kamu.


Mungkin kamu sendiri memperhatikan jika perubahan usaha kuliner di tanah air benar-benar menarik. Beberapa jenis makanan juga ditawarkan untuk menggugah hasrat beberapa pencinta makanan. Tidak itu saja, berbagai langkah juga dikerjakan untuk bikin rumah makan mereka tampil unik. Seperti tawarkan free wifi, sampai runtutan menu yang namanya juga asing di telinga.

Tingginya ketertarikan di usaha kuliner jadikan kompetisi di antara beberapa entrepreneur juga sangat seru. Sayangnya, banyak yang tidak tahan lama hanya karena konsentrasi pada besaran modal, menu manakan, atau tempat restoran yang strategis. Walau sebenarnya, terdapat beberapa segi penting yang lain yang perlu jadikan alasan.

Untuk itu, kamu butuh beberapa kiat spesial sebelum mengawali usaha ini supaya bisa melewati kompetitor kamu. Di bawah ini 7 salah satunya:

Tetapkan sasaran pasar kamu
Sebelum kamu memastikan type makanan yang ingin kamu sediakan, kamu harus pilih sasaran pasar usaha kuliner kamu, bukan sebaliknya. Tetapkan siapapun kurang lebih yang akan jadi pengunjung rumah makan kamu. Kelas menengah ke atas atau menengah ke bawah, orang-tua dan anak-anaknya atau golongan muda, atau umum seperti dalam rumah makan Padang.

Dengan memastikan siapa sasaran pasar, baru kamu akan tahu langkah seterusnya yang perlu dikerjakan. Misalnya menu apa yang ingin kamu sajikan, dimana tempat paling baik untuk jalankan usaha kuliner kamu, sampai pada sarana yang ingin kamu hadirkan untuk pengunjung restoran kamu.

Lihat pesaing kamu
Banyak yang tidak mengerti jika analisa yang satu berikut yang penting untuk dikerjakan sebelum jalankan satu usaha kuliner. Dengan lakukan ini, kamu dapat melewati pesaing usaha kamu lewat cara yang gampang.

Triknya? Gampang saja kok. Datangi rumah makan di tempat dimana kamu ingin jalankan usaha kamu. Tetapi jangan hanya duduk, pesan makanan, serta pulang sesudah kenyang. Lihat sarana apa yang diberi sang pemilik di dalam rumah makan itu, keunikannya, menunya, harga, sampai design interior di restoran itu.

Tulis apa-apa saja yang menurut kamu dapat dinaikkan serta aplikasikan hal itu di dalam rumah makan kamu. Dengan langkah berikut kamu dapat beberapa tingkat lebih baik dibanding dengan rumah makan sebagai pesaing kamu itu.

Pilih tempat yang pas
Tidak ada fungsinya kamu mempersiapkan masakan yang lezat atau minuman yang nikmat bila rumah makan kamu tempatnya jauh dari pemukiman, atau keramaian kan? Berikut utamanya kamu lakukan survey tempat sebelum jalankan usaha kuliner.

Pilih tempat yang punya potensi datangkan pengunjung sehari-harinya. Misalnya di dekat universitas atau perkantoran. Mahasiswa atau pekerja yang tinggal di dalam rumah kost semakin banyak yang pilih untuk makan di luar dibanding masak sendiri sebab lebih praktis. Dengan penentuan tempat yang cocok, rumah makan kamu masih punya potensi ramai pengunjung walau kamu tidak santer lakukan promo.

Buat promo tertarget
Katakanlah kamu telah pilih tempat yang ramai, tetapi usaha kuliner kamu masih sepi pengujung. Jangan cemas dahulu. Masih ada langkah yang lain, yaitu dengan lakukan promo. Lupakan promo dari mulut ke mulut. Walau efisien, tetapi langkah berikut akan butuh waktu sampai kamu dapat lihat hasilnya.

Kamu dapat berusaha untuk menempatkan spanduk di tepi jalan, menebarkan brosur, atau memakai media sosial seperti Facebook serta Instagram untuk pasarkan produk kamu. Pakai gambar atau video yang berkualitas untuk di-publish di sosial media. andy soewatdy salah satu orang terkaya di Indonesia.

Langkah berikut banyak digerakkan oleh pemilik usaha kuliner kenamaan sekalinya, serta telah dapat dibuktikan ampuh datangkan pengunjung. Cara yang lain yang dapat kamu pakai yakni mengadakan moment spesial seperti bedah buku, bedah film, atau tonton bersama acara olahraga.

Kontrol keuangan serta bahan baku
Banyak pemula di usaha kuliner ini tidak mempunyai manajemen keuangan yang atau pengendalian persediaan makanan yang baik. Tidak dikit yang pada akhirnya menyetok bahan baku sebanyaknya tanpa ada mengerti jika yang namanya makanan cepat sekali busuk.

Selanjutnya, langkah berikut akan membuat keuangan usaha kamu tergerus secara cepat. Sebelum ini berlangsung, kamu butuh langkah yang pas untuk mengatur persediaan bahan baku kamu. Diantaranya dengan memakai software restoran.

Software restoran yang telah diperlengkapi dengan modul inventory akan menolong kamu mengatur persediaan kamu. Kamu tidak alami insiden dimana restoran kamu kelebihan atau kekurangan persediaan.

Atur sdm kamu
Kesuksesan satu usaha kuliner tidak cuma datang dari lezatnya makanan yang diberikan. Tetapi service yang diberi karyawan kamu sangat punya pengaruh pada tingkat kenikmatan konsumen setia kamu.

Lebih baiknya service konsumen setia yang diberi oleh karyawan kamu benar-benar dikuasai oleh tingkat kebahagiaan mereka waktu kerja dengan kamu. Pengendalian SDM yang bagus, pemberian sarana seperti bonus, upah yang sesuai dengan standard, dan lingkungan kerja yang nyaman ikut berefek di tingkat service konsumen setia.

Pakai software restoran
Strategi yang paling akhir yaitu memakai skema yang menolong kamu mengotomatiskan beberapa segi usaha kuliner kamu. Dengan mengotomatiskan manajemen inventori, keuangan, sampai sdm, kamu dapat fokus perhatian kamu pada peningkatan usaha kamu.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar