Tipe Rambu-Rambu K3 serta Manfaatnya



Data dari International Labor Organization (ILO) mencatat jika tiap 15 detik, ada 153 pekerja di penjuru dunia yang alami kecelakaan kerja. Di Indonesia, Menteri Ketenagakerjaan mengatakan jika rata-rata 8 pekerja wafat sebab kecelakaan kerja sehari-harinya. jual sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Ada beberapa unsur pemicu berlangsungnya kecelakaan kerja, yang sebetulnya dapat diminimalisir serta dihindari dapat diminimalisir serta dihindari karena terdapatnya rambu K3, atau rambu kesehatan serta keselamatan kerja. Jenis atau tipe rambu-rambu K3 serta manfaatnya sendiri berbagai macam, serta harus dipasang oleh perusahaan sesuai standard yang berlaku.

Di bawah ini ialah beberapa macam rambu K3 yang umum dipasang dan makna dari rambu itu.

Makna Warna Rambu K3

Dari warna yang ada pada rambu, pekerja bisa tentukan apa klasifikasi bahaya pada ruang kerja mereka. Disamping itu, warna itu arahkan pekerja mengenai aksi apa yang perlu dikerjakan.

Warna merah.
Warna ini memperlihatkan sinyal bahaya/danger, kebakaran/fire, serta stop. Umumnya dipakai untuk mengenali bahan kimia cair yang gampang terbakar, alat pemadam kebakaran, serta sinyal emergency stop. Warna merah dipakai untuk memperlihatkan klasifikasi bahaya yang bisa menyebabkan luka serius, serta kematian.

Warna oranye.
Warna oranye memberikan indikasi sinyal awas/peringatan/warning. Umumnya dipakai untuk memberikan indikasi kondisi bahaya yang bisa menyebabkan luka serius atau kematian. Biasanya, sinyal berwarna oranye dipasang bersisihan dengan perlengkapan kerja yang beresiko. Contohnya pisau berputar-putar, benda tajam, serta mesin gerinda.

Warna kuning.
Warna ini memperlihatkan sinyal siaga/caution yang memperlihatkan keadaan beresiko serta mempunyai potensi membuat cedera sedang atau mudah. Contohnya kondisi seperti terpeleset, terjegal, atau terjatuh, atau sinyal yang dipasang dalam tempat penyimpanan bahan yang mudah terbakar.

Warna hijau.
Warna ini memberikan indikasi sinyal safety/emergeny. Pemakaiannya untuk memperlihatkan letak penyimpanan perlengkapan P3K, perlengkapan keselamatan, serta Material Safety Data Sheet atay MSDS. Petunjuk umum berkaitan praktik kerja yang aman biasa diikuti dengan warna ini.

Warna biru.
Warna ini memperlihatkan sinyal perhatian/notice. Biasanya dipakai untuk memperlihatkan info keselamatan, bukan info bahaya. Serta warna ini digunakan untuk memperlihatkan apa petunjuk aksi keselamatan yang dikerjakan. Misalnya ialah kebijaksanaan perusahaan serta pemakaian APD.

Makna Bentuk Dan Lambang Rambu K3

Bentuk segitiga atau diamond(wajik).
Bentuk ini dipakai jadi penunjuk bahaya. Serta rambu berupa segitiga dibuat dengan warna fundamen oranye atau kuning, piktogram warna hitam, serta garis pinggir warna hitam. Salah satunya misalnya ialah sinyal bahan material gampang terbakar,

Bentuk lingkaran.
Bentuk ini digunakan jadi sinyal petunjuk atau mandatory sign berkaitan keselamatan yang harus dipatuhi oleh beberapa pekerja. Misalnya ialah rambu petunjuk pemakaian alat pengaman diri (APD). Design rambu semacam ini mempunyai piktogram warna putih dengan biru jadi warna fundamen.

Bentuk kotak atau sisi panjang.
Bentuk ini digunakan untuk memperlihatkan dimana jalan keluar saat berlangsung kondisi genting, area untuk menyimpan perlengkapan P3K, serta perlengkapan keselamatan. Rambu dengan bentuk ini mempunyai piktogram warna putih dengan hijau jadi warna dasarnya.

Rambu larangan.
Untuk rambu yang berisi larangan (prohibition sign), bentuknya mencakup piktogram warna hitam, putih jadi warna fundamen, garis pinggir warna merah, dan garis diagonal warna merah ditengah-tengah.

Design atau Format Rambu K3

One panel sign.
Design ini memperlihatkan cuma satu panel dengan piktogram atau teks saja. Misalnya ialah rambu telephone genting.

Two panel sign.
Design ini memperlihatkan teks serta piktogram, atau teks dengan keyword serta teks jadi penjelas. Berarti, ada info tentang tipe bahaya, resiko, dan pengakuan untuk menghindarkan efek bahaya itu.

Three panel sign.
Untuk design ini, ada 3 panel yang memberikan:

Sinyal wordatau header, contohnya beberapa kata seperti safety first, caution, warning, danger, atau notice.
Messaging and text formatyang berisi keyword dan teks penjelas.
Piktogram atau lambang keamanan.
Itu keterangan singkat tentang tipe rambu-rambu K3 serta manfaatnya. Mudah-mudahan bisa menolong Kamu dalam mengerti makna dari beberapa rambu K3 untuk keselamatan kerja yang terjamin.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar