Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerja SEO (Search Engine Optimization)

strategi marketing tingkatkan traffic dengan seo

jasa pembuatan website jakarta - Apakah itu SEO (Search Engine Optimization) dan bagaimana caranya kerja SEO dan peranannya? Berikut ini juga akan diterangkan tentang pengertian, cara kerja, dan peranan dari SEO tersebut. SEO yaitu segalanya yang berhubungan dengan optimalkan pada mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, bing, dan sebagainya dari sebuah situs, baik itu situs yang berupa situs (blog), toko on-line, portal berita dan beberapa macam yang lain. SEO dapat disebutkan jadi bagian dari pemasaran mesin pencari. SEO dapat juga dikatakan sebagai “copywriting”, hal semacam ini karena beberapa besar tehnik yang dipakai untuk mempromosikan website di mesin pencari atau search engine yaitu memakai tulisan jadi content dasarnya. Berikut ini diterangkan 3 alasan kenapa tehnik SEO itu diperlukan :

  1. Pada intinya SEO yaitu suatu tehnik untuk membuat dan meningkatkan sebuah website situs agar situs itu dapat menempati posisi tertinggi dalam pencarian hasil mesin pencari. 
  2. Jika situs itu menempati posisi tertinggi dalam hasil pencarian mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan lain-lain, maka traffic pengunjung atau jalan raya pengunjung dari situs itu juga akan alami penambahan. 
  3. Situs berada di peringakat tertinggi hasil mesin pencarian seperti google dan pengunjung situs alami penambahan dan keuntungan nya ialah jika situs itu adalah situs toko on-line maka dapat tingkatkan penjualan dari toko on-line itu. Setelah itu jika situs itu berbentuk situs (blog) atau portal berita maka dapat menigkatkan pendapatan dari yang memiliki situs itu jadi publisher. 
  4. Cara Kerja Mesin Pencarian (Search Engine) 

cara kerja search engine

Dalam menghadirkan hasil pencarian, mesin pencari (search engine) melakukan beberapa aktivitas atau algoritma system yang diterapakan salah satunya yaitu seperti berikut :

Crawling

Crawling atau Perayapan yaitu suatu sistem ambil semua halaman situs yang tersambung pada website situs itu. Pekerjaan ini dilakukan oleh piranti lunak yang dimaksud crawler/spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.

Indexing

Indexing adalah sistem pembuatan indeks untuk semua halaman situs yang sudah di ambil dan disimpan kedalam database mesin pencari. Pada intinya, sistem pengindeksan yaitu identifikasi dari kalimat dan tulisan atau gambaran yang jadikan halaman itu masuk dalam database mesin pencari dengan keyword tertentu.

Processing

Ketika mesin pencarian terima request dari user jadi contoh dengan mengetikkan keyword “pengertian seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari itu melakukan sistem dengan memperbandingkan keyword “pengertian seo” dalam request pencarian dengan halaman beda nya dari beragam website situs yang sudah terindeks pada database mesin pencari.

Calculating Relevancy

Dalam satu halaman situs tentunya memiliki jumlah lebih dari keyword yang di inputkan dalam mesin pencari contoh pada keyword “pengertian seo”, hingga mesin pencari melakukan sistem dengan mengkalkulasi relevansi dari setiap halaman yang sudah terindeks untuk setiap keyword yang di terima.

Retrieving Result

Langkah paling akhir dalam system mesin pencarian yaitu ambil hasil yang sangat relevan dari keyword yang sudah di sistem sebelumnya lalu menghadirkan dalam daftar hasil mesin pencarian yang berada di browser.

Setiap bln. nya, mesin pencarian seperti Google dan Yahoo! sering melakukan pengembangan pada beberapa puluh algoritma yang berhubungan dengan tehnik relevansi dalam menghadirkan hasil pencarian. Hal tersebut dilakukan agar hasil pencarian yang dipertunjukkan betul-betul menghadirkan hasil yang tepat dan sesuai sama keyword yang di inputkan. Walau prinsip basic dari system pencarian pada mesin pencari yaitu sama, namun sebagai pembeda yaitu algoritma relevansi yang dipakai hingga mengakibatkan hasil mesin pencarian pada Google dan Yahoo! sedikit berlainan.

Pengertian SEO Copywriting

SEO Copywriting yaitu tehnik penulisan berupa teks yang dipertunjukkan pada halaman situs yang mempunyai tujuan untuk memperoleh posisi teratas dalam hasil pencarian mesin pencari dengan membidik arti pencarian tertentu. SEO copywriting biasanya memaksimalkan elemen pada content halaman beda untuk arti pencarian yang berhubungan dengan Judul, Gambaran, Kata kunci (keyword), dan teks alternatif yang lain.

Search engine optimation off page

Dengan rencanatual, ada dua tehnik cara optimalkan suatu situs :

On-Page SEO

On-Page SEO yaitu tehnik lewat cara buat content yang bagus dan unik, baik dalam penentuan keyword, meletakkan keyword ditempat yang tepat, dan memberi judul yang sesuai untuk setiap halaman, dan lain-lain.

Off-Page SEO

Off-Page SEO yaitu tehnik dalam membuat link, tingkatkan popularitas suatu link dengan menyematkan link dari suatu situs ke situs beda atau umum yang di kenal dengan back link.

Sekianlah keterangan mengenai pengertian dan peranan SEO dalam suatu situs, untuk tehnik yang lain juga akan diterangkan pada artikel setelah itu.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar