TIPS KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER

Related image

sepatu safety - Computer bukanlah lah barang langka sekali lagi dizaman saat ini. Baik tua, muda dan anak – anak pun telah mengetahui yang namanya computer. Perkembangan tehnologi computer selalu berkembang bersamaan dengan berjalannya waktu. Di sekolah – sekolah basic pun saat ini juga telah diperkenalkan dengan tehnologi computer.

Dalam dunia kerja dan dalam dunia pendidikan, computer adalah alat yang banyak diterapkan dan telah adalah keperluan untuk pekerja kantor ataupun anak didik di sekolah.

Dari sekian waktu mereka akan tidak terlepas dari tehnologi yang namanya computer.
Meskipun tehnologi computer adalah alat yang penting untuk mendukung pekerjaan dan pendidikan, tetapi kita pun harus siaga pada bahayanya computer pada kesehatan. Selain bagian positifnya computer nyatanya juga terdapat bagian negatif untuk kesehatan kita.

Oleh karenanya kita perlu ketahui tips kesahatan dan keselamatan kerja dalam memakai computer. Mengingat pentingnya kesehatan, tidak dapat kita banding dengan kekayaan apa pun di dunia ini, mari kita intip sedikit tips itu.

Berikut tips sehat dalam memakai computer :

1. Betapapun banyak pekerjaan kita yang perlu kita kerjakan memakai computer, lebih baik untuk beristirahat sesaat dan janganlah terlalu berlama – lama dimuka computer.

Dunia pendidikan dan pekerjaan dikantor terkadang menuntut kita untuk dapat meyelesaikan pekerjaan secepat-cepatnya, hingga terkadang – kadan kita terlena dengan pekerjaan itu sampai –sampai lupa makan. Dan lebih kronis sekali lagi sampai menahan untuk buang air kecil ataupun buang air besar. Mungkin kamu sempat alami peristiwa begini. Hal semacam ini dapat jadi memperburuk kondisi kesehatan kita.

Selain itu hal yang paling terasa bila kita berlama – lama dimuka computer, pinggang juga akan terasa sakit demikian halnya dengan tengkuk pada leher juga akan terasa sangat kaku dan dapat mengakibatkan sakit kepala. Terlalu lama memandang monitor kesehatan mata akan sangat terganggu, mengingat radiasi yang dipancarkan oleh cahaya dari monitor juga akan mengakibatkan mata pedih bahkan juga sampai merah.

Oleh karenanya berhentilah sesaat dan beristirahatlah, untuk memulihkan penglihatan, sebaiknya kamu melihat gambar berwarna hijau maupun pohon yang berdaun hijau. Untuk memulihkan kepenatan badan kamu dapat berbaring dan bersantai sesaat sembari nikmati pemandangan sekitar.

2. Konsumsilah makanan yang memiliki nutrisi dan jagan lupa luangkan diri kamu untuk olahraga.

Sakit kepala yang diakibatkan saat kamu berlama – lama dimuka computer mungkin saja dikarenakan pancaran radiasi oleh monitor dan capek nya otak karena terlalu diporsir untuk bekerja. Karenanya kamu perlu minum air dengan kandungan oksigen yang tinggi untuk menolong mensuplai otak kamu dan menelan sayur – sayuran dan makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi.

Berolahraga sangat baik untuk memulihkan kondisi badan kamu yang telah digunakan sepanjang hari bekerja. Dimuka computer terlalu lama memyebabkan badan tersa pegal – pegal dan kaku, nah dengan olahraga juga akan menolong sendi – sendi yang merasa kaku. Oleh karenanya olah raga yang teratur sangat menolong dalam melindungi kesehatan dan keselamatan kerja dalam memakai computer.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar